Jumat, 21 November 2008

STMIK AMIKOM punya LAB baru untuk Film kartun

Buat Anak-anak AMIKOM yang seneng Film kartun bersyukur deh, tahun ini Sekolah Tinggi Manajement Informatika dan Komputer (STMIK AMIKOM) Yogyakarta punya LAB baru buat praktikum mata kuliah Film Kartun, kayaknya sih nggak tanggung - tanggung hardware yang digunakan khusus buat bikin film kartun, pasalnya LAB baru ini nggak digunain buat praktikum mata kuliah lain. Film kartun yang masuk dalam kategori Mata kuliah konsentrasi ini Quotanya terbatas, jadi jangan sampe kayak aku , pingin ngambil Film Kartun tapi Quotanya dah penuh gara - gara ngisi KRSnya belakangan, jadi keburu diambil mahasiswa yang lain.


Buat adik - adik kelas mendingan dari sekarang mulai nentuin konsentrasinya mau kemana, Jaringan, Pemrograman, Web, Multimedia, e-Commerce to Film Kartun...? pastunya harus sesuai ama bakat, minat dan kemampuan kamu. Walau gimanapun juga harus ada satu ilmu yang bener - bener kita faham dan kuasai, kalau kita nggak nentuin kosentrasi kita, kedepannya kita bakal bingung ngambil skripsi, percaya nggak percaya aku dah ngrasain jangan sampai kalian ngerasain hal yang sama, bingung ngambil skripsi. Kalau bisa sih kita faham dan menguasai lebih dari satu ilmu, bisa untuk nilai lebih kita nantinya didunia kerja. Jadi buat adik - adik yang lagi belajar dan menuntut ilmu, mulailah cari minat dan bakat kalian kemana, kalau kita sekedar jalani ilmu yang dikasih guru / dosen, dijamin kita bakal jadi orang yang biasa - biasa aja. Makanya fokus ke satu hal yang bener - bener sesuai dengan minat dan bakat kamu. Lebih baik benar - benar menguasai satu ilmu daripada punya banyak ilmu tapi gak faham, ya nggak...?

.......selengkapnya »»

Rabu, 19 November 2008

Dollar naik, harga komputer Jogja melambung

Pengaruh d0llar terhadap rupiah ternyata begitu besar, bahkan kemarin dollar sempat naik ke angka Rp.12.149 / U$. Dengan naikknya indek mata uang dollar, harga- harga perangkat elektronik terutama komputer ikut naik, karena sebaian besar toko komputer mematok harga dengan dollar. Harga-harga perangkat komputer rata-rata naik 10-20% tapi ada juga beberapa toko komputer yang berani memakai rupiah, sehingga harganya relatif lebih murah dibanding dengan harga komputer ditoko yang menggunakan dollar sebagai patokan harga.

.......selengkapnya »»

Manipulasi URL Google


Ngganti interface google dengan mengganti variabel hl
(default google hl=en => bahasa inggris)
Misalnya kita mau ngubah interface-nya jadi bahasa Indonesia.
Ex:
http://www.google.com/search?hl=en&lr=&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search
Hasil modifikasi URL
http://www.google.com/search?hl=id&lr=&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search

Kamu bisangganti hasil pencarian hanya pada bahasa tertentu. Hal ini
dilakukan dengan modifikasi variabel lr.
(default google lr=lang_en => bahasa inggris)
Misalkan kita hasil pencarian hanya bahasa Indonesia.
Ex:
http://www.google.com/search?hl=en&lr=&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search
Hasil modifikasi URL
http://www.google.com/search?hl=en&lr=lang_id&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search



Secara default google akan menampilkan 10 site perhalaman. kamu dapat
mengubahnya secara langsung melalui URL-nya, dengan menambahkan variabel
num pada URL :D
Penggunaan num antara 1-100
Ex:
http://www.google.com/search?hl=en&lr=&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search
Hasil modifikasi URL
http://www.google.com/search?num=100&hl=en&lr=&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search

as_qdr=mx: merupakan variabel lainnya yang dapat digunakan. Variabel ini
digunakan menentukan hasil berdasarkan bulan. x antara 1-12
Ex:
http://www.google.com/search?hl=en&lr=&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search
Hasil modifikasi URL
http://www.google.com/search?hl=en&lr=&as_qdr=m1&q=site%3Aecho.or.id&btnG=Search
safe=off: arti dari variabel ini filter "SafeSearch" dimatikan. "SafeSearch"
untuk memfilter hasil pencarian sexual.

Dengan pengetahuan di atas kita dapat membuat sendiri form Google di komputer
sendiri. Sehingga tidak perlu lagi mengunjungi http://www.google.com terlebih
dahulu (kecuali kamu menggunakan brwoser yang support google secara built-in
atau menggunakan Google Toolbar). Dengan melakukan ini kita bisa menghemat
bandwidth ke luar negeri :D
Karena bandwidth di Indonesia mahal ........

Contoh script google.html lengkap dengan varabielnya.

--- BOF google.html ---


Variabel num:

Variabel hl:

Variabel lr:

Variabel as_qdr:

Variabel safe:








--- EOF google.html ---


Kamu tinggal menghilangkan Variabel yang nggak kamu inginkan atau
menambahkan apapun disana. Semuanya terserah ma kamu :D
Berikut merupakan script default pencarian google.

--- BOF google.html ---







--- EOF google.html ---

Google masih terus dikembangkan. Untuk melihat apa yang sedang
dikembangkan Google. Anda bisa ke http://labs.google.com

.......selengkapnya »»

Kampus ungu berhantu

Amikom (kampus ungu) ada hantunya, percaya nggak...? Salah satu Dosen amikom, pernah cerita kalau di gedung satu lantai empat kampus STMIK AMIKOM jogja ada yang nunggu, kalo manusia sih gak apa tapi katanya yang nunggu makhluk halus alias hantu alias jin. Ya percaya nggak percaya, ternyata ada dosen yang punya kelebihan bisa ngelihat barang kayak gituan (jin). Tapi tenang aja, jinnya nggak ngganggu orang, katanya sih keluarnya pas magrib, dan sampai saat ini belum ada yang berani naik ke lantai empat gedung satu diatas jam enam sore.


.......selengkapnya »»

Selasa, 18 November 2008

Operator Spesial di Google

-- Contoh hasil pencarian --

Google --> Judul
... Language Tools. Ways to help with tsunami relief \
Advertising Programs - About Google ©2005 Google - > Deskripsi
Searching 8,058,044,651 web pages. /
www.google.com/ - 3k - 5 Jan 2005 --> URL

-- Contoh hasil pencarian --


- intitle: Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web.
Keyword: intitle:Admin Administrasi
Keyword tersebut akan mencari judul halaman "Admin" dengan
deskripsi "Administrasi"

- allintitle: Untuk mencari kata-kata dari judul halaman web
secara lengkap.
Keyword: allintitle:Admin Administrasi
Keyword tersebut akan mencari judul halaman yang mengandung
kata "Admin" dan "Administrasi"

- inurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata
tertentu.
Keyword: inurl:Admin Administrasi
Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata "Admin"
dengan deskripsi "Administrasi"

- allinurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata
tertentu.
Keyword: allinurl:Admin Administrasi
Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata "Admin"
dan "Administrasi"

- site: Untuk mencari dalam suatu situs tertentu saja
Keyword: site:echo.or.id
Semua pencarian hanya berdasarkan site "echo.or.id"

- cache: Ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan
mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks.
Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah
dicache.
Keyword: cache:echo.or.id
Misalkan site aslinya sudah tidak aktif, anda tetap dapat melihatnya
pada snapshot/cache yang disimpan oleh Google.

- define: Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa
tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan
diperlakukan sebagai satu frasa.
Keyword: define:hacker

- filetype: Jika kita mencari jenis file tertentu yang berisi informasi
yang anda inginkan kita bisa menggunakan operator ini.
Keyword: "hacker" filetype:pdf
Sampai tulisan ini dibuat google support tipe file
# Adobe Portable Document Format (pdf)
# Adobe PostScript (ps)
# Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
# Lotus WordPro (lwp)
# MacWrite (mw)
# Microsoft Excel (xls)
# Microsoft PowerPoint (ppt)
# Microsoft Word (doc)
# Microsoft Works (wks, wps, wdb)
# Microsoft Write (wri)
# Rich Text Format (rtf)
# Shockwave Flash (swf)
# Text (ans, txt)
Ref: http://www.google.com/help/faq_filetypes.html

- link: Untuk mencari tahu berapa banyak link ke suatu situs, kita bisa
menggunakan operator link.
Keyword: link:www.google.com

- related: Untuk mencari halaman yang isinya mirip dengan URL tertentu.
Keyword: related:www.google.com

.......selengkapnya »»

Penggunaan Dasar Keyword di Google

- Google tidak "case sensitive".
Keyword: linux = LINUX = LiNuX
Akan menghasilkan hal yang sama

- AND: Secara Default Google menggunakan keyword and.
Keyword: menjadi hacker
Hasilnya pencarian akan mengandung kata "menjadi" dan "hacker"

- OR: Digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah
satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua.
Keyword: hacker OR cracker
Hasilnya pencarian akan mengandung kata "hacker" atau "cracker"

- +: Google akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti
"how" dan "where". Jika kata-kata umum ini begitu penting, anda
bisa menambahkan "+" didepan keyword tersebut.
Keyword: hacker how ==> Kata "how" akan diabaikan
Keyword: hacker +how ==> Kata "how" akan diikutsertakan

- -: Tanda minus "-" bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata
tertentu dalam pencarian. Misal kita ingin mencari kata
"linus tanpa linux", kita bisa menggunakan "linus -linux"

- *: Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf.
Misalkan kita ingin mencari dengan kata depan menja*
Google tidak mencari kata "menjamu", "menjadi", "menjalar", dll
Google akan menghasilkan pencarian hanya yang mengandung kata
"menja".

Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat.
Keyword: "menjadi * hacker"
Hasilnya pencarian dapat menghasilkan "menjadi seorang hacker",
"menjadi white hacker", dll.

- "": Dapat digunakan untuk mencari kata yg lengkap.
Keyword: "menjadi hacker"
Hasilnya pencarian akan mengandung kata "menjadi hacker"

- ?: Dapat digunakan untuk mencari pada direktori Google
Keyword: ?intitle:index.of? mp3

.......selengkapnya »»

Tools berbahaya dari Google

Diam diam, site ini memberikan kita tools untuk melakukan hacking yang paling berbahaya se antero dunia, walaupun tools google ini hanya bisa memberikan sampai ke level footprinting ada juga yang bisa sampai ke level selanjutnya. kenapa aku sebut dengan tools ? karna kita menggunakan google untuk mencari media yang unsecure, yang mudah di hack yang bolong, yang belum ter update, karna google memiliki kekuatan untuk itu semua.

dari tutorial ini yang akan didapatkan adalah:

  • Bagaimana cara menggunakan google untuk mencari sources dari personal information dan confidential data lainya
  • Bagaimana cara mencari informasi tentang vulnerable systems and Web services
  • Bagaimana cara mencari publicly available network devices.


Hal pertama dari yang harus di ketahui adalah Google Query Operators
Query operator ini berfungsi kasar sebagai filtering search nya google menjadi lebih spesifik berdasarkan query yang kita inginkan, masing masing query memiliki fungsi sendiri sendiri. berikut keterangan dan contong nya….

site
memfilter berdasarkan domain yang ada
contoh: site:google.com fox —> akan mencari kata fox di situs google.com

intitle
Memfilter dokumen yang memiliki title yang spesifik
contoh: intitle:fox fire —> akan mencari semua site yang ada kata fox dan didalamnya terdapat teks fire

allintitle
Memfilter dokumen untuk mencari intitle intile
contoh: allintitle:fox fire —> akan mencari semua site yang memiliki title fox dan yang memiliki title fire atau = intitle:fox intitle:fire

inurl
Memfilter pencarian dengan url yang spesifik
contoh: inurl:fox fire —> akan mencari kata fire di website yang url nya terdapat fox

allinurl
Sama dengan Allintitle (hanya ini url)

filetype, ext
Memfilter pencarian untuk dokumen yang spesifik
contoh: filetype:pdf fire —> akan mencari file PDF yang didalamnya terdapat kata fire

contoh keren: filetype:doc skripsi IT

numrange
Memfilter dokumen berdasarkan range tertentu
contoh: numrange:1-100 fire —> akan mencari range 1-100 yang terdapat kata fire

link
Memfilter site site yang memiliki link terhadap site tertentu
contoh: link:www.google.com —> akan mencari site site mana aja yang memiliki links ke google.com

inanchor
Memfilter berdasarkan site description yang ada
contoh: inanchor:fire —> akan mencari web yang memiliki deskripsi fire

kira kira itulah query query google yang keren keren, sisanya ada sih, seperti:
/ * - + “” ( ya ini regular ekspression biasa kan, jadi ngga perlu di jelaskan lebih detail )

nah, dari situ, kia bisa kreasikan ke berbagai macam jenis query untuk memfilter sesuatu, bahkan ke sesuatu yang lebih dalam, misalnya file database……

Web Server
untuk mencari target dengan mudah dilakukan google dengan menggunakan sintaks berikut ini:
“Apache/1.3.28 Server at” intitle:index.of
–> Apache 1.3.28

“Apache/2.0 Server at” intitle:index.of
–> Apache 2.0

“Apache/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Apache

“Microsoft-IIS/4.0 Server at” intitle:index.of
–> Microsoft Internet Information Services 4.0

“Microsoft-IIS/5.0 Server at” intitle:index.of
–> Microsoft Internet Information Services 5.0

“Microsoft-IIS/6.0 Server at” intitle:index.of
–> Microsoft Internet Information Services 6.0

“Microsoft-IIS/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Microsoft Internet Information Services

“Oracle HTTP Server/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Oracle HTTP Server

“IBM _ HTTP _ Server/* * Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari IBM HTTP Server

“Netscape/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Netscape Server

“Red Hat Secure/*” intitle:index.of
–> semua versi dari the Red Hat Secure server

“HP Apache-based Web Server/*” intitle:index.of
–> semua versi dari the HP server

Beberapa Bug pada Skripts dapat ditemukan google:
“Generated by phpSystem”
–> dapat menemukan operating system type and version, hardware configuration, logged users, open connections, free memory dan disk space, mount points

“This summary was generated by wwwstat”
–> web server statistics, system file structure

“These statistics were produced by getstats”
–>web server statistics, system file structure

“This report was generated by WebLog”
–>web server statistics, system file structure

intext:”Tobias Oetiker” “traffic analysis”
–>system performance statistics as MRTG charts, network configuration

intitle:”Apache::Status” (inurl:server-status | inurl:status.html | inurl:apache.html)
–>server version, operating system type, child process list,current connections

intitle:”ASP Stats Generator *.*” ”
–>ASP Stats

Generator” “2003-2004 weppos”
–>web server activity, lots of visitor information

intitle:”Multimon UPS status page”
–>UPS device performance statistics

intitle:”statistics of” “advanced web statistics”
–>web server statistics, visitor information

intitle:”System Statistics” +”System and Network Information Center”
–>system performance statistics as MRTG charts, hardware configuration, running services

intitle:”Usage Statistics for” “Generated by Webalizer”
–>web server statistics, visitor information, system file structure

intitle:”Web Server Statistics for ****”
–>web server statistics, visitor information

inurl:”/axs/ax-admin.pl” -script
–>web server statistics, visitor information

inurl:”/cricket/grapher.cgi”
–>MRTG charts of network interface performance

inurl:server-info “Apache Server Information”
–>web server version and configuration, operating system type, system file structure

“Output produced by SysWatch *”
–>operating system type and version, logged users, free memory and disk space, mount points, running processes,system logs

Error message queries
Salah satu kumpulan error message query, dapat ditemukan sehingga kita bisa mulai melakukan hacking pada tahap selanjutnya.

“A syntax error has occurred” filetype:ihtml
–>Informix database errors, berpotensial untuk mengambil function names, filenames, file structure information, pieces of SQL code and passwords

“Access denied for user” “Using password”
–>authorisation errors, berpotensial untuk mengambil user names, function names, file structure information and pieces of SQL code

“The script whose uid is ” “is not allowed to access”
–>access-related PHP errors, berpotensial untuk mengambil filenames, function names and file structure information

“ORA-00921: unexpected end of SQL command”
–>Oracle database errors, berpotensial untuk mengambil filenames, function names and file structure information

“error found handling the request” cocoon filetype:xml
–>Cocoon errors, berpotensial untuk mengambil Cocoon version information, filenames, function names and file structure information

“Invision Power Board Database Error”
–>Invision Power Board bulletin board errors, berpotensial untuk mengambil function names, filenames, file structure information and piece of SQL code

“Warning: mysql _ query()” “invalid query”
–>MySQL database errors, berpotensial untuk mengambil user names, function names, filenames and file structure information

“Error Message : Error loading required libraries.”
–>CGI script errors, berpotensial untuk mengambil information about operating system and program versions, user names, filenames and file structure information

“#mysql dump” filetype:sql
–>MySQL database errors, berpotensial untuk mengambil informasi database structure dan contents

Google queries untuk mencari lokasi passwords
kumpulan secara garis besar lokasi password sebuah sistem yang dapat diakses oleh google

“http://*:*@www”
site passwords for site, stored as the string

“http://username: password@www…” filetype:bak inurl:”htaccess|passwd|shadow|ht users”
file backups, berpotensial untuk mengambil user names and passwords

filetype:mdb inurl:”account|users|admin|administrators|passwd|password”
mdb files, berpotensial untuk mengambil password information

intitle:”Index of” pwd.db
pwd.db files, berpotensial untuk mengambil user names and encrypted passwords

inurl:admin inurl:backup intitle:index.of
directories whose names contain the words admin and backup

“Index of/” “Parent Directory” “WS _ FTP.ini” filetype:ini WS _ FTP PWD
WS_FTP configuration files, berpotensial untuk mengambil FTP server access passwords

ext:pwd inurl:(service|authors|administrators|users) “# -FrontPage-”
Terdapat Microsoft FrontPage passwords

filetype:sql (”passwd values ****” |”password values ****” | “pass values ****” )
Terdapat SQL code and passwords yang disimpan dalam a database

intitle:index.of trillian.ini
configuration files for the Trillian IM

eggdrop filetype:user
user configuration files for the Eggdrop ircbot

filetype:conf slapd.conf configuration files for OpenLDAP

inurl:”wvdial.conf” intext:”password” configuration files for WV Dial

ext:ini eudora.ini configuration files for the Eudora mail client

filetype:mdb inurl:users.mdb
Microsoft Access files, berpotensial untuk mengambil user account information

intext:”powered by Web Wiz Journal”
websites using Web Wiz Journal, which in its standard configuration allows access to the passwords file – just enter http:///journal/journal.mdb instead of the default http:///journal/

“Powered by DUclassified” -site:duware.com
“Powered by DUcalendar” -site:duware.com
“Powered by DUdirectory” -site:duware.com
“Powered by DUclassmate” -site:duware.com
“Powered by DUdownload” -site:duware.com
“Powered by DUpaypal” -site:duware.com
“Powered by DUforum” -site:duware.com
intitle:dupics inurl:(add.asp | default.asp |view.asp | voting.asp) -site:duware.com
websites yang menggunakan DUclassified, DUcalendar, DUdirectory, DUclassmate, DUdownload, DUpaypal, DUforum or DUpics applications, secara default memungkinkan kita untuk mengambil passwords file
– untuk DUclassified, just enter http:///duClassified/ _private/duclassified.mdb
atau http://
/duClassified/

intext:”BiTBOARD v2.0″ “BiTSHiFTERS Bulletin Board”
website yang menggunakan Bitboard2 bulletin board, secara default settings memungkinkan kita untuk mengambil passwords file to be obtained
– dengan cara http:///forum/admin/data _ passwd.dat
atau http://
/forum/forum.php

Mencari Dokumen khusus ?
filetype:xls inurl:”email.xls” email.xls
files, berpotensial untuk mengambil contact information

“phone * * *” “address *” “e-mail” intitle:”curriculum vitae”
CVs

“not for distribution”
confidential documents containing the confidential clause

buddylist.blt
AIM contacts list

intitle:index.of mystuff.xml
Trillian IM contacts list

filetype:ctt “msn”
MSN contacts list

filetype:QDF
QDF database files for the Quicken financial application

intitle:index.of finances.xls
finances.xls files, berpotensial untuk mengambil information on bank accounts, financial summaries and credit card numbers

intitle:”Index Of” -inurl:maillog maillog size maillog files, berpotensial untuk mengambil e-mail

“Network Vulnerability Assessment Report”
“Host Vulnerability Summary Report”
filetype:pdf “Assessment Report”
“This file was generated by Nessus”
reports for network security scans, penetration tests etc. On the Net

untuk lebih kreatifnya bisa di coba coba sendiri, okeh

reference:

  • http://johnny.ihackstuff.com – largest repository of data on Google hacking,
  • http://insecure.org/nmap/ – Nmap network scanner,
  • http://thc.org/thc-amap/ – amap network scanner.

www.myraffaell.com

.......selengkapnya »»

Teror bom situs pemda diy dari amikom ?

Akhir2 ini berita teroris memang sedang hangat-hangatnya, setelah baku tembak antara densus 88 dengan teroris di daerah Maguwo Harjo. Ternyata, jauh sebelum penyergapan tersebut, sebuah teror bom terjadi di situs pemda DIY
. Berikut teror isi teror BOM tersebut tertanggal 19 Maret 2007 yang berjudul HUGOS IN MEMORIAM :

ini peringatan serius, kami akan BOM tempat-tempat sperti diskotik, target sementara : HUGOS, TJ, TC, JJ, Tropis, Embassy, Q Club, Liquid, BOSHE, silahkan tunggu tanggal mainnya & jgn pernah datang ke tempat tsb kalo Anda ingin selamat…!!!

Peace,
Anonymous

Dan setelah di track ternyata berasal dari IP kampus amikom ?.

Kepala Bidang Layanan Teknologi Informasi (TI) Badan Informasi Daerah (BID) Provinsi DIY, Ir. Surat Jumadal menegaskan, berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim TI BID terkait teror ancaman bom melalui website resmi Pemvrop DIY, pengirim pesan ancaman tanpa nama tersebut menggunakan IP dari salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta yang selama ini mengkhususkan pada pembelajaran bidang Teknologi Informasi.

Sementara yang terdeteksi baru itu. Tapi kita belum tahu apakah pengirim teror hanya dari komputer AMIKOM saja ataukah dari jalur mana lagi kita belum jelas. "Akses penggunaan komputernya jelas berasal dari kampus AMIKOM..."kata Kepala Bidang LTI BID, Ir. Surat Jumadal, kepada sejumlah wartawan di kantornya kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Rabu (21/3) siang.

.......selengkapnya »»

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) "AMIKOM" Yogyakarta didirikan oleh Yayasan STIMIKOM Yogyakarta (baru-baru ini dikenal sebagai Yayasan AMIKOM Yogyakarta) untuk menyediakan permintaan karyawan di bidang teknologi informasi workfield. Kampus, yang terletak di Condong Catur, membuka beberapa program studi, seperti Sistem Informasi dan Teknik Informatika untuk tingkat S-1 dan juga Manajemen Informatika dan Teknik Informatika untuk tingkat D-3.




Perusahaan ini didirikan sebagai Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM" Yogyakarta pada tanggal 15 Februari 1993. Dalam setahun, AMIKOM mencapai status terdaftar berdasarkan SK Menteri P & K No 084/D/O/1994 tanggal 11 Oktober 1994. Dalam kemajuan, AMIKOM membuka program Manajemen Informatika (D-1) pada tahun 1999 dan beberapa tempat lain yang lebih tinggi mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditas Nasional.

Ada yang berubah pada bentuk kelembagaan pada tahun 2002, dari akademi ke perguruan tinggi sehingga AMIKOM mempunyai dua program studi baru untuk tingkat S-1. Secara formal, nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM" Yogyakarta menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM" Yogyakarta.


Program studi
SISTEM Informasi (S-1)

TEKNIK Informatika (S-1)

MANAJEMEN Informatika (D-3)

TEKNIK Informatika (D-3)

FASILITAS
- Laboratorium Komputer
- Laboratorium Multimedia
- Laboratorium Microprosessor, Elektronika Digital, Microcontroller
- Laboratorium Aplikasi Umum
- Laboratorium Internet
- Laboratorium Pemrograman dan Internet
- Laboratorium Sistem Operasi dan Jaringan Komputer
- Laboratorium Hardware dan Software
- Perpustakaan

Penelitian dan pengembangan pusat
- Departemen Pengembangan Sistem Informasi STMIK AMIKOM

MAHASISWA CENTER
- SEMA
- BEM
- HMJ TI
- HIMMI
- Mahasiswa Amikom Pencinta Alam (Mayapala)
- Amikom Computer Club (AMCC)
- Komunitas Mahasiswa Multimedia (Koma)
- Taekwondo
- Teater
- Musik
- Unit Kerohanian Islam (UKI)
- Jurnalistik (Global.Com)



gudeg.net


.......selengkapnya »»

Senin, 17 November 2008

Jogjatronik Posisikan Sebagai Pusat IT


JOGJATRONIK Mal yang memposisikan diri sebagai Pusat IT-nya Jogja dengan counter belanja lengkap untuk elektronik, komputer, ponsel, terus melakukan penetrasi bisnis dengan program-program yang menarik bagi masyarakat. Program tersebut selain menawarkan layanan belanja IT, juga memberikan edukasi IT untuk masyarakat.
Direktur Operasional Jogjatronik Made Hendra Putra MM menyebutkan saat ini Jogjatronik menggelar "Bulan Gratis Jogjatronik" dari 1 - 31 Mei 2008 dimana para pengunjung dan pembeli di Jogjatronik akan mendapat fasilitas Gratis Internet Kecepatan Tinggi, Gratis Merchandise setiap pembelian Rp 1.000.000 tidak berlaku kelipatannya, Gratis Servis HP Sony Ericson dan Motorola.
"Jogjatronik kini selain menjadi pusat belanja ponsel dengan keberadaan sekitar 90 counter, juga menjadi pusat belanja komputer dengan 60 couter penjualan komputer selain juga elektronik, digital dan lainnya," papar Made kepada Bernas Jogja di Jogjatronik Jalan Brigjen Katamso Jogja.
Dalam program ini, lanjut Made, Jogjatronik juga menyediakan 10 komputer berkecepatan tinggi untuk bermain game gratis dengan dukungan dari A Data DFI Point of View dengan Monitor, Keyboard/mouse Benq dan LCD 19 inchi. "Sebagai pusat IT nya Jogja, setiap hari selama Mei juga ada Seminar dan Training IT Gratis seperti pengenalan Linux dan lainnya," papar Made.
Dengan program yang menarik, lanjut Made, pengunjung Jogjatronik juga meningkat cukup signifikan. "Saat ini pengunjung Jogjatronik bisa dibilang pembeli potensial, dari 10 pengunjung misalnya, 9 dipastikan membelanjakan uang. Karena dengan segmen yang jelas Jogjatronik sudah menjadi jujugan pengunjung yang datang dengan tujuan jelas untuk berbelanja segala kebutuhan IT tidak sekedar jalan-jalan saja," kata Made.
Made menyebutkan dengan Lower Ground untuk Elektronik, Upper Ground untuk Ponsel, Lantai 1 untuk ponsel dan cafe, Lantai 2 khusus komputer, Lantai Roof paling atas untuk Exhibition, Jogjatronik sudah menjawab kebutuhan IT yang lengkap. "Meski ada rencana kenaikan BBM, di Jogjatronik tidak terasa pengaruhnya," kata Made
Sementara salah satu tenant di Jogjatronik, Yonas Ogi Wijaya dari Suluh Komputer mengakui penjualan komputer di Jogjatronik cukup bagus, apalagi dengan suasana nyaman dan terpadu. "Pasar komputer sudah terbentuk di Jogjatronik, segala kebutuhan komputer telah tersedia lengkap," kata Ogi. (vin)

.......selengkapnya »»

Komputer dan Pendidikan


Tanggung jawab sekolah yang besar dalam memasuki era globalisasi adalah mempersiapkan siswa untuk mengahadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat sangat cepat perubahannya. Sala satu dari tantangan yang dihadapi oleh para siswa adalah menjadi pekerja yang bermutu. Kemampuan berbicara dalam bahasa asing dan kemahiran komputer merupakan dua kriteria utama yang pada umumnya diajukan sebagai syarat untuk memasuki lapangan kerja di Indonesia ( dan di seluruh dunia ). Mengingat sekitar 20-30 % dari lulusan SMU di seluruh wilayah Nusantara ini yang melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi, dan dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu tanggung jawab yang besar terhadap system pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemahiran komputer bagi para siswa kita.

Biaya yang dibutuhkan untuk mempersiapkan belajar komputer di sekolah akan mahal.

  • Bagaimana pemerintah akan mampu membiayai pembangunan ini ?
  • Memberikan apa yang dibutuhkan, bagaimana pemerintah dapat mengelak untuk tidak membiayai pembangunan ini ?
  • Apakah pemerintah harus membiayai secara penuh untuk pembangunan ini ?

Dalam menghadapi masalah ini beberapa sekolah swasta dan negeri yang telah mengambil langkah maju. Pada beberapa sekolah mereka telah membangun hubungan yang sangat erat dengan masyarakat setempat dan melakukan sebuah lompatan yaitu dengan mengundang para masyarakat penyumbang untuk membangun fasilitas dasar komputer. Sekolah ini telah membuktikan bagaimana mengatasi salah satu masalah terbesar dalam pengenalan teknologi ke sekolah-sekolah di Indonesia secara berkesinambungan. Keefektifan system yang berkesinambungan ini sudah tumbuh lama ketika masyarakat setempat memahami bagaimana pentingnya teknologi bagi anak-anak mereka. Dalam hal ini kami telah mempelajari bahwa, sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk membangun fasilitas cenderung berkembang secara teratur dan juga meningkatkan dukungan dari masyarakat setempat.

Kesinambungan adalah faktor utama. Pada program di masa lalu untuk menyediakan teknologi ke sekolah kebanyakan mencapai sedikit sukses dalam jangka waktu yang cukup lama dan jarang sekali menunjukkan perkembangan. Persyaratan mengenai laboratorium bahasa adalah contoh yang umum. Biasanya ada enam masalah utama, yaitu ;

  • Anggaran untuk perawatan fasilitas awal tidak tersedia.
  • Pelatihan biasanya terlalu spesifik dan tidak berhubungan dengan kebutuhan di lapangan atau perubahan sikap.
  • Tidak tersedianya karyawan untuk perawatan rutin dan pengembangannya.
  • Tidak tersedianya teknisi ahli atau terlalu mahal
  • Materi yang sesuai untuk mengajar tidak tersedia
  • Lemahnya kondisi kerja guru di lapangan mendorong bahwa mereka tidak dapat membagi waktu untuk mengembangkan materi mengajar secara kreatif.

Masalah-masalah ini menjadi lebih luas dalam hal komputer karena tingkat keahlian yang diminta untuk mengembangkan dan merawat fasilitas tersebut sangat tinggi serta kemahiran komputer mempunyai nilai jual yang sangat tinggi pula. Saran untuk memberi pelatihan karyawan di sekolah tidak berlaku dalam konteks yang ada saat ini. Karena siapa saja yang mengembangkan diri untuk mencapai posisi tingkat ahli, mereka di sektor komersil dapat menghasilkan sepuluh kali lipat dari apa yang mereka dapat di sekolah, jadi mungkin saja mereka akan menghabiskan waktu dengan pekerjaan dari luar kantor (hal ini juga menjadi masalah pada karyawan yang memiliki kemampuan di bidang jasa umum).

Bagaimana caranya di beberapa sekolah berhasil membeli komputer, yang mahal dan memerlukan biaya perawatan yang cukup tinggi?

Hanya sedikit sekolah yang berlokasi dilingkungan yang makmur, di mana kelompok orang tua-guru dapat mencapai sejumlah besar uang secara mudah. Walaupun begitu beberapa sekolah yang lain berada di tengah lingkungan di mana tingkat social-ekonominya rendah, tetapi mereka juga berhasil mencapai tingkat yang sama dalam hal pencapaian di bidang pengembangan komputer dan fasilitas lain di lingkungan sekolah mereka. Dua contohnya yaitu SMUN 2 Wonosari di Daerah Istimewa Yogyakarta dan SMUN 23 di Bandung, Jawa Barat. Pendekatan awal yang dilakukan mereka terhadap pengembangan sekolah adalah serupa tapi tak sama. Keduanya menyusun kerberhasilan mereka dengan cara kooperatif dan bekerjasama dengan masyarakat setempat. Walaupun demikian SMUN 2 di Wonosari bergantung kepada penentuan dan pengembangan dari para karyawan itu sendiri. Sedangkan SMUN 23 di Bandung berinisiatif menentukan programnya melalui peranan enterprenur dan mendapatkan sumbangan dari masyarakat dan industri.

Tanpa mengindahkan cara pendekatan yang di tetapkan, sekolah anda dapat memutuskan untuk mengambil beberapa butir penting, yaitu sekolah harus benar-benar obyektif, berkomunikasi pro-aktif terhadap tujuan tersebut, menguntungkan masyarakat setempat dan harus terbuka serta 100 % transparan. Hal ini penting sekali bahwa pengembangan harus direncanakan dengan seksama sehingga meningkatkan kwalitas lulusan pendidikan bagi siswa dapat secara mudah dibicarakan dengan masyarakat. Akan mengherankan sekali jika melihat berapa jumlah dukungan ekstra yang akan dicapai dari masyarakat apabila dibangun suatu "kepercayaan" dan mereka "memahami" akan keuntungannya bagi anak-anak mereka.

Peralatan - perangkat keras apa saja yang diperlukan?

Peraturan yang ada sekarang ini, membatasi jumlah maksimum per kelas untuk 48 siswa. Sementara itu untuk kebutuhan ideal tersebut diperlukan 48 komputer, hal ini menjadi target yang tidak realistis bagi semua sekolah di Indonesia saat ini. Beberapa sekolah telah menunjukkan kepada kami bahwa mereka memulai keberhasilan program ekstra-kurikuler sekolahnya hanya dengan jumlah komputer yang terbatas, melalui penjadwalan ketat. Penulis percaya bahwa target realistis terdekat dalam pertengahan waktu adalah menjadi 24 komputer. Pada kenyataannya hampir seluruh kelas berisi di bawah 48 siswa jadi angka perbandingan bagi siswa terhadap komputer tidak lebih dari 2 :1. Berbagi komputer selama masa awal tahap pelatihan komputer dapat memberikan keuntungan untuk membantu membangun rasa percaya diri dan juga memberikan kesempatan kepada siswa yang lebih mahir, sehingga mereka dapat membantu siswa yang lemah (meningkatkan efisiensi guru). Hal ini bukan berarti sekarang anda harus membeli 24 komputer. Anda bisa memulai program dasar ekstra-kurikuler hanya dengan 2 komputer. Yang terpenting adalah anda memiliki rencana, membuat pengaturan untuk melatih dan memepersiapkan karyawan anda, serta mulai untuk membicarakan masalah komputer tersebut. Penulis pernah mengajar kelas Internet hanya menggunakan satu komputer saja.

CATATAN :

Hampir semua supplier komputer di Indonesia akan melakukan install program apapun sesuai dengan permintaan, demi kepentingan agar komputer tersebut dibeli. Ini adalah salah satu alasan akan sangat pentingnya perencanaan matang mengenai tujuan pelatihan dalam rangka nantinya untuk mengetahui program apa saja yang diminta dan menghemat biaya program (software). Walaupun begitu saya akan merekomendasikan bahwa paling tidak 20 % (lebih disukai semuanya) dari komputer anda memiliki CD ROM drive jadi apabila program spesial yang diminta tetap, maka CD dapat dipergunakan.

Dari pengalaman kami di sekolah-sekolah kelihatannya kebutuhan printer di sekolah minimum 2 (dua).

Tata letak laboratorium ini sangat umum, namun demikian dari sisi pembelajaran hal ini terbatas sekali.

  • Jarak pandang siswa sangat rendah (khususnya dari bagian belakang).
  • Gurunya tidak bisa lihat kegiatan siswa.
  • Jalan bagi guru untuk bekerja dengan siswa secara individual sangat sukar.
  • Pemasangan kabel sangat sukar dan perlu kabel di bawah lantai (tidak mudah diubah).
  • Para siswa mudah sekali menabrak peralatan ketika masuk dan keluar (masalah kepercayan).
  • Jika sala satu computer memerlukan perhatian (atau perbaikan kecil) di muka kelas hal itu akan mengganggu semua siswa.
======================================================

Tata letak laboratorium ini jauh lebih baik dari sisi pembelajaran.

  • Para siswa dapat berputar di kursi mereka dan jarak pandang cukup baik.
  • Guru dapat memantau kegiatan semua siswa selama belajar.
  • Jalan bagi guru untuk bekerja secara individual dengan siswa sangat bagus.
  • Pemasangan kable sangat mudah dan mudah pula di modifikasi.
  • Para siswa tak berhubungan dengan kabel (di belakang) dan dapat di andalkan.
  • Jika ada komputer yang memerlukan perhatihan (atau perbaikan kecil) siswa lain tak terganggu.
  • Jika manapun ruang Anda cukup luas bagian tengah memungkinkan guru untuk mengajarkan prinsip-prinsip pada awal pelajaran atau untuk mengkaji ulang masalah umum yang banyak atau semua siswa menghadapinya, jauh lebih lewes.


http://www.e-pendidikan.com/comp.html

.......selengkapnya »»

Sabtu, 15 November 2008

Pesatnya Ekonomi Jogja: Bubble atau Fundamental Economy ?

Ditulis oleh salah seorang teman saya, sekedar wacana untuk kita. Ndak tau mau ditaruh di topik apa, ga ada kategorinya.

All credits belong to the author.

PESATNYA EKONOMI JOGJA:

BUBBLE ATAU FUNDAMENTAL ECONOMY?
Anggoro Budi Nugroho (*)

Saya terperangah dengan perkembangan terakhir perekonomian Jogjakarta. Data
statistik Bank Indonesia DIJ (2004) menunjukkan, selama tahun 2003, simpanan
dana pihak ketiga di sektor perbankan DIJ bertambah sebanyak Rp 3 triliun! Dari
Rp 6 triliun pada tahun 2002 menjadi Rp 9 triliun pada 2003. Lumayan? Tentu,
untuk ukuran Jogja.

Lagi. Data Bank Indonesia (2004) dalam Laporan Perekonomian Indonesia 2003
menunjukkan, struktur PDB kita tidak lagi didominasi oleh sektor pertanian.
Pertumbuhan telah bergeser dari pertanian sebesar 1,7% (2001) ke sektor industri
manufaktur 3,1% (2001). Kontribusi manufaktur terhadap PDB pun paling besar
dibandingkan sektor lain, yaitu 0,8%. Sedangkan pertanian cuma 0,3%. Rupanya,
pertanian mulai ditinggalkan. Kita bukan lagi masyarakat agraris.


Kita sedang berubah. Indonesia dan Jogja khususnya, akan mengalami transformasi
sosial yang cepat dari agraris ke semi industri. Orang berpindah dari pasar dan
sayur mayur ke teknologi dan informasi. Survey Divisi Kebanksentralan Bank
Indonesia (2002) tentang daya saing perekonomian daerah menunjukkan, Jogja
berada di peringkat ke-5 dalam hal daya saing secara umum. Produk Domestik
Regional Bruto (PDRB) per kapita masyarakat Jogja cuma separuh penghasilan
potensial orang Papua per kepala setahun. Namun, dari perspektif SDM, Jogja
duduk di peringkat ke-2 setelah Jakarta! Rupanya, dari segi otak Jogja
mengalahkan Jawa Timur, Jawa Barat, Kaltim dan Riau yang jauh lebih kaya dua
kali lipat.

Sayang, Jogja tidak mempunyai SDA (tambang) dan pabrik industri besar yang
berarti. Kota ini seharusnya punya pelabuhan yang bisa diakses di selatan.

Jogja banyak orang pintar. Lihat Jalan Gejayan. Semua bisnis selular, komputer
dan fotografi, semuanya dibangun oleh mahasiswa dengan modal dan otaknya
sendiri. Bisnis-bisnis seperti warnet, desain grafis dan konsultan skripsi
adalah core competence yang sangat berpijak pada soft capital (manusia).
Modal-modal fisik seperti mesin di pabrik-pabrik besar tidak dibutuhkan. Ini
menunjukkan, Jogja sarat akan SDM berbakat, kaya akan otak yang penuh gizi ide
dan kreativitas.

Lucas (1988), punya teori menarik. Kalau Solow (1956) pemenang Nobel cenderung
memberatkan pendapatnya pada teknologi sebagai pemacu percepatan pertumbuhan
selain populasi dan akumulasi kapital, Lucas lebih mendasar. Inovasi teknologi
tak banyak terjadi jika manusianya tidak mempunyai otak. Lucas lalu
mengembangkan model matematik yang menjelaskan kemungkinan manusia, isi
kepalanya dan waktu yang dicurahkan difokuskan untuk kepentingan produksi.
Hasilnya? Ajaib! Orang-orang pintar bisa survive membangun kota di padang gurun
sekalipun.

Inilah modal yang menjelaskan mengapa Jogja begitu cepat berkembang. Dua mal
baru akan dibuka tahun 2005 depan, Plaza Ambarrukmo dan Saphir Square. Di
selatan kota ada Jogjatronik. Satu site di Plaza Ambarrukmo akan disewakan
dengan range Rp 28-35 juta/m2 selama 25 tahun. Balik modal? Itung aja NPV nya.
Belum terminal bis baru di Giwangan yang kabarnya sangat klimis. PKL gak boleh
masuk. Bandara Adisucipto juga bisa diakses langsung dari KL dan S'pore. Tahun
depan, kabarnya akan dibuka juga rute ke Sydney, Australia.

Kalau ini yang terjadi, maka 10 tahun ke depan masyarakat Jogja akan
bertransformasi sangat cepat. Dengan perubahan tabungan Rp 3 triliun/tahun,
Jogja punya fasilitas sebanyak itu plus 3 TV lokal. Di Riau yang dana
simpanannya lebih dari Rp 53 triliun, manusia-manusianya belum bisa apa-apa. SDM
nya jauh berbeda. Orang Jogja akan masuk ke era semi industri dan teknologi
informasi.

Apakah ini sebuah perubahan? Tentu! Mudah-mudahan ini bukan bubble economy, tapi
betul-betul perubahan fundamental karena kemampuan orang Jogja sendiri. Hal-hal
di atas telah menjelaskannya. Bersiap-siaplah untuk berubah selalu. Sukses buat
Jogja!

PS. Prospek2 bisnis baru di Jogja: properti, hiburan, coffee shop, butik (dah
jenuh), restoran.

(*) Asisten Peneliti Ekonomi di Yogyakarta, Sarjana Ekonomi Manajemen UGM

.......selengkapnya »»

Jogja, Kuliah dan Angkringan

Buat kamu yang belum pernah kejogja, jangan kaget kalo dijogja ad yang namanya angkringan. Tapi gak cuma dijogja sich, di beberapa kota kawasan mahasiswa ngekos pasti ada yang namanya angkringan. Angkringan...? apa sich...? Angkringan, adalah sebuah warung kecil biasanya gerobak dorong yang mangkal di ujung jalan ato gang, yang nyediain menu-menu istimewa serba minimalis dengan harga yang minimalis juga, he..he... Jadi pada intinya, angkringan itu ya kayak warung biasa tapi bukanya malem, kalo siang nggak ada. Di angkringan kita bisa nemuin yang namanya sego hek/sego kucing, e... bukan berarti lauknya pake daging kucing. Disebut nasi kucing karena nasinya cuma dikit terus lauknya paling cuma sambel teri dikit, kayak makanan kucing, makanya di kasih nama sego kucing.



Awalnya sich gengsi makan kayak gituan, tapi lo dah nyoba... Ketagihan deh, pasalnya dengan ngeluarin duit yang sama, di warung makanan padang paling cuma dapet nasi telor, tapi kalo diangkringan kita dah dapet nasi, gorengan, sate plus teh anget, mantab deh... Biasanya, modus para konsumen angkringan ini adalah karena sakurata alias Bokek duitnya mepet diakhir bulan, lagi nunggu kiriman, namanya juga mahasiswa. Tapi gak semua yang beli gara-gara bokek, ada juga lo yang dompetnya tebel makannya diangkringan, selain banyak menu biasanya angkringan jadi tempat nongkrong seru-seruan ma temen-temen. Gak tahu juga kok bisa gitu, tapi emang seru kalo ke angkringan bareng-bareng ma temen. Pokokke lo kamu punya rencana sekolah / kuliah dijogja, cobain deh yang namanya ANGKRINGAN.

.......selengkapnya »»

Jogja, baik atau buruk...?

Jogja, pernah nggak kepikiran setelah lulus SMA buat kuliah dijogja...? Buat kamu yang mo lulus SMA dan pingin nglanjutin studi / kuliah dijogja, bener-bener harus mempertimbangkan pilihan kamu. Jogja kota pelajar, punya banyak lembaga pendidikan disegala bidang. Tapi jangan lupa, pas kita melangkahkan kaki dijogja, kita harus hati-hati dengan pergaulan yang kurang baik. Jogja memberikan kita potensi untuk menjadi baik atau sebaliknya.



Kualitas pendidikan dijogja memang terkenal baik jadi nggak sedikit, bahkan sebagian besar mahasiswa jogja berasal dari luar jogja. Dengan kualitas pendidikan yang baik, harapan buat memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah lebih mudah, apalagi kalo kuliahnya di UGM, orang bilang pasti mudah keterima kerjanya. Saat kita memasuki dunia kampus, kita juga akan diberikan pilihan, jadi baik atau buruk. Kebanyakan mereka yang seneng ikut trend alias gak mau ketinggalan jaman, biasanya keren-keren dengan pakaian serba mahal dan fashionable, tapi kuliahnya cuma jadi sampingan. Ada juga yang tampilannya jadul dan kuper, tapi orangnya jenius. Nah yang paling pas, kita jadi mahasiswa yang pinter tapi juga gak gaptek dan gak ketinggalan trend.

Dengan banyaknya mahasiswa yang ada dijogja, kan yang namanya orang gak mungkin sama, kalo kita gak piner pinter milih temen bisa-bisa kita masuk dunia yang gak bener, ya tapi semua tergantung ma individunya juga, ada yang buat kita salah menurut yang lain bener, gitu juga sebaliknya, relatif. Tapi lo secara umum dunia malam kayak dugem yang notabenenya jelek dimasyarakat, ada banyak dijogja. Juga nggak sedikit mahasiswa jogja yang ketangkep make narkoba. Nah, semuanya balik ma diri kita sendiri, mo jadi baik to nggak baik. Jogja cukup adil dengan memberikan pilihan itu, tinggal kita yang menentukan mana yang pas dihati kita...

.......selengkapnya »»

Jogja dan Warnet

Tahu kan warnet...? Tu warur yang nyediain menu online diinternet. Yang namanya warnet dijogja, dah kayak air dilaut, buanyak... tapi herannya kok gak ada yang sepi ya...? tapi emang setiap warnet punya fasilitas dan pelayanan yang berbeda, jadi kita bebas milih mana yang cocok buat kita. Kalo masalah kecepatan, ada yang nyediain sampe 2 mb biayanya standart lah, tapi adanya juga yang lemotnya minta ampun tapi biayanya miring. Ya semua ada kelebihan dan kekurangannya. Kalo yang seneng download pake yang cepet, kalo yang seneng Chatingan pake aja yang murah, oke kan...? Tapi ada yang kurang ni... Internet sekarang bukan cuma tempat buat ngenet, tapi juga buat pacaran, bener gak? Buat yang seneng kayak gituan pasti nyari warnet yang sekatnya tinggi terus tempatnya agak luas, ya memang ada, emang ada beberapa warnet yang sengaja bikin warnet buat tempat kayak gituan, malah hampir semua. Tapi ada juga warnet yang tegas, begitu tahu warnetnya dipake buat mesum, semua pintu dibukak biar gak berani lagi, tapi herannya ada juga yang gak punya malu, dah pintunya dibuka kelihatan dari luar tetep aja mesra-mesraan.

Tapi terserah mereka juga sich, kalo dipik-pikir dari pada jauh-jauh kewarnet, masih bayar lagi, kan mendingan dikos, he2.

Buat mereka kalangan menegah atas yang poenya laptop, gak perlu deh kewarnet, pasalnya hampir semua kampus dah ada hotspotnya... enak kan...? dah punya laptop, ngenet gratis lagi. Kalo kayak aku sich kelasnya masih ecek-ecek, jadi onlinenya cuma bentar kan diwarnet, jadi harus bayar, kalo kelamaan gak bisa makan. Apalagi yang gila chating, biasanya bisa sampe 5 jam diwarnet, bahaya kan...? tapi gak apa kalo emang punya duit. Kalo menurut kalian gimana...?

.......selengkapnya »»

Keyword buat nyari file di google

Google adalah salah satu search engine yang menyediakan apa saja yang kita cari, tidak heran jika google berjaya. Sebenarnya google memberikan kemudahan kepada kita untuk mencari apa yang kita cari dengan spesifik menggunakan keyword tertentu. Nah sekarang gimana caranya nyari file dengan exstensi tertentu di google, misalnya aja nyari file PDF.

1.Pertama masuk ke Google.com
2.Setelah muncul cendela pencarian, masukin keyword ke form pencarian Format penulisannya kayak gini...

(nama file yang kamu cari) filetype:(ekstensi/jenis file yang kamu cari)

contoh kita mau cari artikel dengan format PDF

hacking filetype:pdf





google akan membaca kalimat yang ada diawal sebelum 'filetype' sebagai judul,'filetype' adalah keyword untuk mencari jenis file, dan setelah 'filetype' adalah ekstensi file yang dicari. Tapi biasanya keyword ini cuma buat nyari file yang berbentuk document / tulisan.

3. Tekan tombol searchnya, dapet deh...

nah kalau mahu cari jenis file lain tinggal ngganti filetypenya aja, kalau mahu ganti judul ya ganti nama judul. formatnya kayak diatas...

.......selengkapnya »»

Jumat, 14 November 2008

kuliah, Jogja dan Angkringan

Jogja, oh jogja... kayaknya gak pernah kepikiran pingin kuliah dijogja. katanya sih pendidikannya top bgt, tapi... pergaulannya juga...? Gak tahu juga, ternyata sekarang ku dah kuliah semester 5 di jogja, STMIK AMIKOM yogyakarta, tau kan? itu lo sekolah komputer yang warna ungu... Nah buat pertimbangan kamu-kamu yang masih abg and mau lulus SMA, dijogja mah banyak banget pilihan buat ngedalemin bakat kamu. Universitas maupun Perguruan tinggi, Negeri atau swasta buanyak, tinggal milih mana yang cocok ma kamu punya bakat. Tapi inget, jangan buat main-main kan sayang... Ntar lo dah sampe jogja jangan heran ama yang namanya ANGKRINGAN, apakah itu..?

Angkringan, adalah satu-satunya jalan keluar buat kita-kita pas uang pas-passan alias BOKEK... Why..? Karena diangkringan buanyak pilihan makanan dengan harga miring walo barangnya juga juga agak miring, gak seperti standart yang berlaku alias sedikit and kecil-kecil. Tapi selama ini aku asyik-asyik aja sich, malah jadi ketagihan keangkringan. Dengan mengeluarkan uang yang sama, di warung padang paling cuma dapet nasi telor, kalo diangkringan... nikmatnya dunia, dlengkap deh, gorengan, ayam walo cuma ususnya, nasi + teh anget. Cobain dech...

.......selengkapnya »»

Senin, 03 November 2008

Kekerasan di Sekolah, Yogya Paling Tinggi

Dari tiga kota pelaksanaan survei mengenai gambaran bullying di sekolah, Yogyakarta mencatat angka tertinggi dibanding Jakarta dan Surabaya. Ditemukan kasus bullying di 70,65 persen SMP dan SMU di Yogyakarta. Psikolog Universitas Indonesia (UI) Ratna Juwita, yang melakukan penelitian ini, mengatakan, tingginya kasus bullying di Yogyakarta belum diketahui sebabnya.

"Belum bisa dijelaskan mengapa. Padahal kalau dipikir-pikir itua dalah wilayah Jawa Tengah yang terkenal halus," ujar Ratna dalam konferensi pers mengenai upaya penanganan bullying di Jakarta, Sabtu (17/5). Menurut Ratna, dirinya belum dapat memastikan betul apa yang menjadi penyebab tingginya persentase bullying di Yogyakarta. Anehnya, Ratna juga mengatakan bahwa di Yogyakarta juga ditemukan sekolah yang tingkat bullying-nya terendah, terutama di daerah pinggiran.

"Yang rendah ini di sekolahnya terdapat hubungan antara guru dan siswa yang sangat baik. Sekolahnya kecil dan nyaman, dalam arti hijau, anak-anak bebas main-main. Sekolah yang sangat biasa," ujar Ratna. Maraknya aksi bullying atau tindakan yang membuat seseorang merasa teraniaya di sekolah, baik oleh sesama siswa, alumni, atau bahkan guru harus disikapi secara serius. Masalahnya, menurut Ketua Yayasan Sejiwa yang aktif memerangi tindak bullying Diena Haryana, ini tidak hanya dapat berakibat langsung pada anak, namun berakibat jangka panjang terhadap psikologis anak.

Kasus-kasus ini jarang menguak ke permukaan karena guru, orangtua, bahkan siswa belum memiliki kesadaran tentang bullying. Bullying merupakan istilah yang belum cukup dikenal masyarakat luas di Indonesia meski perilakunya eksis di dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan di dalam institusi pendidikan.

Menurut Andrew Mellor dari Antibullying Network University of Edinburgh, bullying terjadi ketika seseorang merasa teraniaya oleh tindakan orang lain, baik berupa verbal, fisik, maupun mental dan orang tersebut takut bila perilaku tersebut akan terjadi lagi.

www.kompas.com

.......selengkapnya »»

Bullying di Sekolah: Jogja tertinggi!!!

Masih cukup ingat kita dengan keroyokan sekelompok remaja putri di Pati bulan lalu. Heboh, media pun berlomba memberitakan. Baru sadar masyarakat kita, jika hal semacam itu telah jadi tren di ‘sebagian’ remaja kita. Tak berapa lama kemudian, video-video serupa pun bermunculan, sama, kasus mengenai kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja terhadap seorang remaja lainnya, barangkali yang semakin menarik kali ini adalah, karena pelakunya remaja putri.

Belum lama dari berita-berita itu, sebulan sebelumnya, psikolog UI, Ratna Juwita, baru saja menyosialisasikan hasil surveynya tentang praktik bullying di lingkungan sekolah di Yogyakarta. Hasilnya cukup mencengangkan bagi saya, entah apa karena Jogja terkenal sebagai kota pelajar atau bagaimana? Rupanya ditemukan kasus bullying di 70,65 % SMP dan SMA di Jogja. Dan ini lebih tinggi dari tingkat bulliying (di sekolah) di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Bullying sendiri adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya. Dan peristiwanya, sangat mungkin terjadi berulang. Bullying terbagi menjadi tiga, pertama, fisik, seperti memukul, menampar, dan memalak atau meminta dengan paksa apa yang bukan miliknya. Kedua, verbal, seperti memaki, menggosip, dan mengejek. Ketiga, psikologis, seperti mengintimidasi, mengecilkan, mengabaikan, dan mendiskriminasikan.

Bullying tidaklah sama dengan occasional conflict atau pertengkaran biasa yang umum terjadi pada anak. Konflik pada anak adalah normal dan membuat anak belajar cara bernegosiasi dan bersepakat satu sama lain. Bullying merujuk pada tindakan yang bertujuan menyakiti dan dilakukan secara berulang. Sang korban biasanya anak yang lebih lemah dibandingkan sang pelaku.

Berbicara mengenai dampak, para korban bullying, mungkin sekali mengalami trauma, depresi, yang bisa mengakibatkan gangguan mental di masa yang akan datang. Anak yang kerap menjadi korban bullying pun akan tumbuh menjadi orang yang pencemas. Dampak langsung dari bullying pada anak antara lain sulit konsentrasi, mudah gugup dan takut, hingga tak bisa bicara.

Pada para pelakunya, bullying juga mendatangkan kerugian, karena mungkin sekali para pelaku cenderung memiliki kepribadian antisosial, kriminal dan suka sewenang-wenang saat mereka dewasa. Para pelaku bullying berpotensi tumbuh sebagai pelaku kriminal jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukan bullying.

Dari berbagai penelitian, ternyata bullying berhubungan dengan meningkatnya tingkat depresi, agresi, penurunan nilai akademik, dan tindakan bunuh diri. Bullying juga menurunkan skor tes kecerdasan dan kemampuan analisis para siswa.



sighuraba.wordpress.com

.......selengkapnya »»

Hilangnya Etika Mahasiswa

Ada beberapa kejadian di kampus ITB yang membuat saya mengelus dada. Kejadian tersebut memang tidak saya alami akan tetapi dialami oleh kolega saya, sesama dosen. Kejadian pertama adalah sopan santun mahasiswa dalam menggunakan lift di sebuah departemen. (Tidak saya sebutkan detailnya. Ada di milis dosen ITB yang mungkin kurang baik kalau saya teruskan ke milis ini.) Seorang mahasiswa ditegur oleh dosen. Eh, bukannya malu atau minta maaf malah dia nantaingin. Hah! (Kalau mendengar ceritanya, saya ikut kesal! Maunya saya cari mahasiswa tersebut dan suruh minta maaf kepada dosen ybs.)

Kejadian kedua terjadi di dekat SBM (School of Business and Management). Seorang dosen parkir mobil dan ketika kembali akan menggunakan mobilnya ternyata di belakangnya ada mobil lain yang diparkir menghalangi mobilnya. Mobil tersebut terkunci dan direm. Akhirnya dosen ini (dan seorang lagi) terpaksa menunggu mahasiswa itu kembali. Ketika kembali, mahasiswa tersebut - lagi-lagi - tidak merasa bersalah dan bahkan mengatakan hal tersebut sudah biasa. Hah!@! WTF!!! Mana rasa sensitif terhadap orang lain? Untung dosen yang bersangkutan bisa menahan diri. (Di milis dia menyatakan kekesalannya dan sudah siap untuk berantem dengan mahasiswa tersebut. He believed he can take them - they were two of them! You know, I would do the same if I were him.)

SBM ini memang menimbulkan masalah di ITB, khususnya adalah masalah perbedaan kultur. Untuk masuk ke SBM memang dibutuhkan uang sedikitnya Rp 60 juta. Jadi banyak mahasiswa dan dosen yang melihat bahwa mahasiswa SBM ini borjuis dan kurang bisa berintegrasi dengan lingkungan ITB lainnya. (Untuk diketahui saja, mahasiswa ITB masih banyak yang berasal dari keluarga miskin. Dosennya juga masih banyak yang pas-pasan.) Saya sendiri belum pernah mengalami masalah dengan SBM. Mudah-mudahan tidak pernah. Saya banyak berharap SBM bisa memberikan warna yang positif terhadap ITB (dari sisi bisnis sense), tapi kalau seperti ini kejadiannya. Wah … mungkin sebaiknya SBM dipisahkan dari ITB saja?

Saat ini memang saya belum mendengar tanggapan dari mahasiswa maupun dosen SBM mengenai kasus-kasus yang terkait dengan “kultur” SBM ini. Mudah-mudahan ada jalan keluarnya.

Kembali ke masalah etika mahasiswa, sayang sekali nampaknya etika baik sudah luntur atau hilang. Untuk para mahasiswaku: prove me wrong! Buktikan bahwa saya salah. Buktikan bahwa kalian memang masih bisa menjadi tumpuan harapan kami.

rahard.wordpress.com

.......selengkapnya »»

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP